Jumat, 01 Juli 2011

Perbedaan Hukuman Mati, Seumur hidup dan 20 tahun

1. Hukuman mati ialah suatu hukuman atau vonis yang dijatuhkan pengadilan sebagai bentuk hukuman terberat yang dijatuhkan atas seseorang akibat perbuatannya. Dalam penerapan vonis mati terhadap pidana mati tidak adalagi unsur politik yang dapat mempengaruhi dalam penegakan hukum dan keadilan dimaksud.
Makamah konstitusi juga memberikan beberapa catatan penting, sebagaimana dituangkan dalam pertimbangan hukum putusan, salah satunya adalah ke depan, dalam rangka pembaruan hukum pidana nasional dan harmonisasi peraturan perundang-undangan yang terkait; Implementasi pidana mati tidak harus langsung di eksekusi, tapi diberikan kesempatan 10 tahun untuk menunjukan bahwa dia patut diabolisi atau di ganti dengan penjara seumur hidup.
pidana mati tidak dapat dijatuhkan terhadap anak-anak yang belum dewasa; dengan pidana mati, maka perumusan, penerapan, maupun pelaksanaan pidana mati dalam sistem peradilan pidana di Indonesia hendaklah memperhatikan dengan sungguh-sungguh: bahwa pidana mati bukan lagi merupakan pidana pokok, melainkan sebagai pidana yang bersifat khusus dan alternatif; pidana mati dapat dijatuhkan dengan masa percobaan selama sepuluh tahun yang eksekusi pidana mati terhadap perempuan hamil dan seseorang yang sakit jiwa ditangguhkan sampai perempuan hamil tersebut melahirkan dan terpidana yang sakit jiwa tersebut sembuh.
2. Pidana penjara seumur hidup adalah satu dari dua variasi hukuman penjara yang diatur dalam pasal 12 ayat (1) KUHP. Selengkapnya, pasal 12 ayat (1) KUHP berbunyi, pidana penjara ialah seumur hidup atau selama waktu tertentu. Dalam pasal 12 ayat (4) KUHP dinyatakan, pidana penjara selama waktu tertentu sekali-kali tidak boleh melebihi dua puluh tahun.
            Dari bunyi pasal 12 ayat (1) KUHP tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan pidana penjara seumur hidup adalah penjara selama terpidana masih hidup hingga meninggal. Ketentuan tersebut sekaligus menolak pendapat bahwa hukuman penjara seumur hidup diartikan hukuman penjara yang dijalani adalah selama usia terpidana pada saat vonis dijatuhkan.
Apabila pidana penjara seumur hidup diartikan hukuman penjara yang dijalani adalah selama usia terpidana pada saat vonis dijatuhkan, maka yang demikian menjadi pidana penjara selama waktu tertentu. Contohnya, jika seseorang dipidana penjara seumur hidup ketika dia berusia 21 tahun, maka yang bersangkutan hanya akan menjalani hukuman penjara selama 21 tahun. Hal itu tentu melanggar ketentuan pasal 12 ayat (4) KUHP, di mana lamanya hukuman yang dijalani oleh terpidana - yaitu 21 tahun - melebihi batasan maksimal 20 tahun.
Berikut contoh lainnya. Apabila terpidana divonis penjara seumur hidup, pada saat ia berumur 18 tahun. Dengan pendapat tadi, berarti terpidana tersebut hanya akan menjalani hukuman penjaranya selama 18 tahun. Hal ini tentu menimbulkan kerancuan yaitu mengapa hakim tidak langsung saja menghukum terpidana 18 tahun penjara, padahal hal itu masih diperbolehkan dalam KUHP?
Jadi, pada dasarnya menurut logika dari pemikiran yang terdapat dalam pasal 12 ayat 1 KUHP tersebut yang dimaksud dengan hukuman pidana penjara seumur hidup berarti penjara sepanjang si terpidana masih hidup, dan hukumannya baru akan berakhir setelah kematiannya.
Namun dalam penerapannya ataupun implementasi dari hukuman penjara seumur hidup tersebut seorang narapidana sewaktu-waktu bisa saja mendapatkan amnesti karena adanya hukum yang bersifat politik yang berakibat luas terhadap negara. Contohnya adanya pemogokan dari kaum buruh. Sehingga pemerintah harus memberikan amnesti atau peniadaan hukum demi klangsungan hidup orang banyak, sehingga seorang terpidana tersebut mendapatkan kesempatan untuk dapat hidup bebas atau lepas dari masa hukumannya.

3. Hukuman penjara 20 tahun adalah dimana seseorang yang di vonis bersalah dan di jatuhkan hukum penjara 20 tahun lamanya, namun di dalam seseorang tersebut menjalani hukuman penjaranya, terpidana tersebut sewaktu waktu juga bisa mendapatkan grasi  yang berupa pengurangan masa tahanan, bisa jadi seseorang terpidana yang dijatuhi hukuman 20 tahun penjara tersebut dengan grasi maupun amnesti yang ia terima membuat masa tahanan nya menjadi lebih singkat atau kurang dari 20 tahun.

17 komentar:

  1. Jelas sekali ulasannya. Selama ini saya sulit menjelaskan atas pertanyaan ttg hukuman seumur hidup, tetnyata ada di KUHP. Tks.

    BalasHapus
  2. sangat suka dengan ulasanny....... lanjutkan ulasan2 lain

    BalasHapus
  3. apakah penjara seumur hidup berhak mendapatkan grasi?

    BalasHapus
  4. Ane (dari dulu) kiranya hukuman seumur hidup itu sesuai umurnya.

    Misal : melakukan tindak kejahatan saat berumur 20 tahun, dan waktu di penjara sesuai umurnya.

    Tapi ane udah tersadarkan sekarang.

    BalasHapus
  5. Barusan juga debat sama temen tentang pengertian hukuman seumur hidup tapi kalah suara jadinya debat kusir haha

    BalasHapus
  6. Barusan juga debat sama temen tentang pengertian hukuman seumur hidup tapi kalah suara jadinya debat kusir haha

    BalasHapus
  7. Terima kasih ulasannya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. Mamtap sangat jelass,,
    Ane kira penjara seumur hidup tuh ditahan selama umur si pelaku pada saat itu, tau2nya ditahan sampe pelaku mati.
    Pas dipikir lgi masuk akal jga ya, klo yg usianya 19thn trus hakim memponis tahanan seumur hidup, brarti tahanan 19tn, klo emang ditahan slama 19thn knp gk disebutin aja "DITAHAN SELAMA 19THN" malah disebutkan ditahan seumur hidup, kalo ditahan slama 19thn brarti itu hukum yg jangka tahanannya bisa ditentuin donk,,!
    Sdngkn pnjara seumur hidup tuh lama tahanannya gk bisa ditentuin krn sehabisnya umur si pelaku, & umur orng kan gk ada yg tau,,! Hehe

    BalasHapus
  9. AKu kira hukuman mati itu langsung dimatiin gitu, ternyata enggak 😂😂

    BalasHapus