Minggu, 03 Juli 2011

Kunci sukses atau criteria seseorang dalam memimpin suatu organisasi sehingga mampu meraih sukses menurut saya adalah sebagai berikut:




1.      Seorang pemimpin memiliki prinsip.
Dengan adanya prinsip hidup maka seorang pemimpin dapat menegaskan apa yang menjadi tujuan nya, dari kisah kisah para pemimpin saya dapat melihat dengan jelas prinsip hidup mereka misalnya; disiplin, jujur, kerja keras,bertanggung jawab dan lain sebagainya. Yang kesemuanya itu menurut saya menjadi standar yang harus di miliki oleh seorang pemimpin.
2.      Seorang pemimpin memiliki kebijaksanaan.
Dengan kebijaksanaan yang di miliki seorang pemimpin maka orang tersebut akan menggunakan pengetahuannya dalam mengambil setiap keputusan dengan bijaksana, sehingga pemimpin tersebut tau konsekuen dari setiap keputusan yang diambilnya, baik buruknya dan keterkaitanya kepada masalah masalah yang akan ditimbulkan dari keputusannya.
3.      Seorang pemimpin menghargai bawahannya.
Bila seorang pemimpin tersebut mampu menghargai bawahannya maka pastilah bawahanya tersebut menghomati pemimpinya karna mereka tau bahwa mareka tidak di anggap sbagai psuruh, namun mereka menganggapnya sebagai sebuah tim yang harus dapat mencapai tujuan dari organisasinya tersebut. Dan dengan adanya sifat saling menghargai  dan menghormati tersebut dengan sendirinya akan timbul suasana yang nyaman dan damai.
4.      Seorang pemimpin mempunyai kreativitas yang tinggi.
Di sini pemimpin yang mempunyai daya kreativitas tersebut  akan mampu mengeluarkan gagasan gagasan atau ide ide  yang akan memiliki daya tarik sehingga sesuatu yang menjadi kreasinya dapat berguna bagi organisasi dan lingkunganya sehingga organisasi tersebut dapat terlihat hidup dan berguna, yang kemudian dapat menjadi sukses dan menjadi contoh bagi organisasi yang lain.
5.      Seorang pemimpin berinspiratif.
Dengan adanya kekuatan inspiratif dari seorang pemimpin maka dapat  membangkitkan inspirasi bagi anak buahnya. Kunci menumbuhkan inspirasi adalah dengan bersikap antusias. Antusiasme selalu menarik perhatian orang lain dan menjaring pengikut, serta menciptakan kesenangan. Karenanya, pemimpin selalu adalah orang-orang yang antusias. Antusiasme ditunjukkan melalui usaha keras, tidak menyerah sampai meraih sukses.

6.      Seorang pemimpin mau menerima kritikan
Menerima sebuah kritikan atau masukan sama halnya dengan memberikesempatan bagi orang lain untuk mengeluarkan kemampuanya, sehingga ketika menghadapi masalah yang menurut kita itu adalah buntu namun dengan adanya masukan tersebut mungkin saja sesuatu yang belum pernah terpikirkan oleh kita mampu di pecahkan oleh orang lain, sehingga sang pemimpin tau apa yang harus segera dilakukan dengan bermodalkan masukan ataupun kritikan dari orang lain baik dari bawahan maupun orang luar.
7.      Seorang pemimpin mengenal anggotanya.
Yang di maksud dengan mengenal anggotanya adalah mengenal setiap  kepribadian dari anggotanya, ini perlu di lakukan agar tidak ada terjadi kesalah pahaman, sebagai contoh ada bawahan tersebut yang sangat tidak suka di suruh suruh dengan kata kata yang menurutnya dia sangat di lecehkan, dia lebih suka pekerjaan nya di lakukan dengan kata minta tolong, dengan demikian jika seorang pemimpin tersebut telah memahaminya maka kesalah pahaman tersebut setidaknya dapat di hindari.
8.      Seorang pemimpin memiliki karisma.

Dengan adanya karisma atau daya tarik pada seorang pemimpin maka akan membuat bangga orang orang yang di pimpinya, dan dengan adanya karisma tersebut seorang pemimpin akan sangat berpengaruh karna setiap keputusannya akan benar benar di resapi oleh bawahanya. Sebagai contoh pak soeharto, saya melihatnya sebagai suatu sosok yang memiliki karisma yang bagus, ketika beliau berpidato semua orang begitu antusias mendengarkanya. Itu bukti bahwa beliau mempunyai daya tarik atau karisma yang begitu luar biasa.

9.      Seorang pemimpin memiliki pengetahuan dan  wawasan yang luas.

Pentingnya wawasan ini agar sang pemimpin benar benar di akui kepemimpinanya sebab ketika sang pemimpin di hadapkan dengan permasalahan permasalahan yang ada maka ia harus mampu mengatasinya dengan segala macam cara dan tindakan, sehingga sang bawahan tidak pernah meragukan kemampuan sang pemimpinya, dan yang kemudian timbulah perkataan bahwa pemimpinya tersebut memang layak menjadi sang pemimpin.

10.   Seorang pemimpin bekerja keras
Pentingnya kerja keras adalah bukti bahwa kesungguhan yang sedang di jalani untuk menggapai apa yang menjadi tujuan dari organisasi tersebut, dan yang kemudian menjadi contoh teladan bagi bawahanya.



11.   Seorang pemimpin memiliki kemampuan bertumbuh dan berkembang.
Kemampuan bertumbuh dan berkembang ini merupakan suatu sikap dan tindakan yang reponsif dari  seorang pemimpin terhadap perubahan yang terjadi sejalan dengan perkembangan dan pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi, sehingga dalam menghadapi permasalahan ataupun dalam mengambil suatu tindakan dan keputusan sang pemimpin dapat mengikuti perkembangan zaman.
12.   Seorang pemimpin memiliki sifat yang inkuisitif.
Sifat inkuisitif yang di maksud disini adalah rasa ingin tahu dari seorang pemimpin tentang segala sesuatu yang terjadi mulai dari lingkungan organisasi yang di pimpinnya hingga di sekelilingnya, dan pemimpin tersebut mampu mengidentifikasi factor factor yang dapat mengubah keadaan dengan segala kemungkinan yang dapat terjadi.
13.   Seorang pemimpin memiliki sifat adaptibilitas.
Ketika seorang pemimpin mampu dalam penyesuaian tertentu yang di tuntut oleh suatu perubahan dalam suatu organisasi, sehingga dalam melakukan penyesuaian penyesuaian tersebut sang pemimpin dapat mengimbangi anggota anggota yang ada. Dan dia dapat diandalkan karna sifatnya yang mampu beradaptasi,.
14.   Seorang pemimpin dapat mengarahkan.
Kemampuan seorang pemimpin dalam memimpin suatu organisasi dapat di lihat juga dari kemampuannya mengarahkan anggota anggotanya dalam menciptakan sasaran dan performance yang di harapkan secara jelas.


Kesimpulan:
Dari criteria criteria pemimpin di atas saya mengambil kesimpulan bahwa seorang pemimpin yang meraih sukses adalah orang orang yang memiliki kunci kunci sendiri yang mereka pegang teguh dalam pelaksanaannya di dalam kepemimpinanya, yang kesemuannya itu menjadi sernjata atau modal dalam diri orang tersebut untuk dapat  melakukan atau menjalankan organisasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar